Selain berpuasa selama sebulan penuh, apa lagi fakta bulan Ramadhan yang kamu tahu?

Yuk ketahui fakta-fakta selengkapnya dalam artikel berikut ini!


 

Bulan Suci Ramadhan

Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh pemeluk agama Islam. Pada bulan ini, seluruh umat Islam di dunia menjalankan ibadah wajibnya yang disebut dengan Puasa Ramadhan.

Puasa Ramadhan dilakukan selama satu bulan penuh di setiap tahunnya. Umat muslim tak hanya berusaha untuk menahan lapar dan hawa nafsu, namun juga senantiasa melakukan kebaikan dan memperbaiki diri agar dapat bermanfaat untuk orang lain.

Sungguh luar biasa memang keistimewaan dari bulan penuh berkah ini. Namun tahukah kamu fakta-fakta lain seputar bulan Ramadhan?

  1. “Ramadla”; Hapuskan Segala Dosa

    Tahukah kamu bahwa kata “Ramadhan” berasal dari kata “ramadla” dalam Bahasa Arab yang artinya “panas”?

    Selain karena pada awalnya bulan Ramadhan jatuh pada musim panas, pengertian panas ini juga diartikan sebagai waktu di mana segala dosa dan kesalahan seseorang dibakar atau dihapuskan.

  2. Bulan Suci Penuh Kebaikan

    Ramadhan memiliki tujuan untuk mengajarkan umatnya dalam mengontrol diri dari hawa nafsu dengan berpuasa dari pagi hingga sore hari.

    Selain itu, Ramadhan juga mengharuskan umatnya untuk lebih peduli terhadap penderitaan orang miskin. Melalui puasa, shalat, dan beramal, seseorang dikatakan dapat membersihkan pikiran dan tubuhnya.

  3. Lailatul Qadr; Malam Ampunan Dosa

    Pada bulan Ramadhan terdapat malam yang sangat mulia. Malam tersebut ialah malam Lailatul Qadr.

    Kapan pastinya malam ini datang tidak diketahui dengan jelas, maka umat muslim dianjurkan memperbanyak shalat, zikir, dan doa pada malam-malam ganjil di akhir bulan Ramadhan.

    Dengan demikian, seseorang mendapat kemuliaan malam Lailatul Qadr yaitu mendapatkan pengampunan dari Allah atas segala dosa-dosanya.

  4. Perbedaan Cara Berpuasa Antara Umat Sunni dan Syiah

    Umat muslim Sunni dan Syiah memiliki cara berpuasa yang sedikit berbeda saat bulan Ramadhan. Umat Islam Sunni berbuka puasa mengacu pada saat matahari tenggelam.

    Apabila langit masih terang saat matahari tenggelam maka tidak menjadi masalah. Sedangkan umat Islam Syiah baru dapat berbuka puasa ketika hari sudah benar-benar gelap.

  5. Menahan Segala Bentuk Hawa Nafsu

    Tak hanya menahan lapar, selama bulan Ramadhan kamu juga wajib menahan hawa nafsu. Bahkan untuk kamu yang sudah menikah sekalipun.

    Bila kamu melakukan hubungan suami istri pada siang hari saat bulan Ramadhan, maka kamu harus menggantinya dengan berpuasa selama dua bulan berturut-turut pada bulan lainnya.

    Selain itu, kamu juga bisa menggantinya dengan memberi makan 60 orang miskin.

  6. Menu Makanan Populer Saat Berbuka Puasa di Berbagai Belahan Dunia

    Selain kurma, tahukah kamu menu makanan yang paling populer di berbagai dunia untuk berbuka puasa? India memiliki menu Biryani yaitu hidangan nasi yang dimasak bersama rempah dengan sayuran dan daging.

    Negara-negara di Timur Tengah, Asia Tengah, dan Pakistan memiliki menu Haleem yaitu hidangan sup gandum yang dicampur dengan jelai, potongan daging, kacang-kacangan, dan rempah.

    Turki memiliki menu Pastirma yaitu hidangan daging sapi kering yang dibumbui pasta cabai dan bawang putih.

    Negara di Asia Selatan, Timur Tengah, Balkan, dan Asia Timur memiliki menu Kofta yaitu daging sapi atau daging domba cincang dengan bumbu rempah.

    Sedangkan negara di Arab memiliki menu Qatayef yaitu hidangan kue manis yang diisi dengan krim atau kacang. Nah, sudahkah kamu mencoba salah satu menu di atas untuk menu berbuka puasa?

  7. Puasa Ramadhan Merupakan Rukun Islam

    Puasa Ramadhan merupakan salah satu rukun Islam selain Syahadat, Shalat, Zakat, dan Haji ke Baitullah. Jadi jangan bolos puasa lagi, ya.

  8. Anjuran Shalat hingga Zakat

    Bulan Ramadhan merupakan bulan yang suci bagi umat muslim. Di bulan inilah, layaknya seseorang lebih mendekatkan diri kepada Tuhan dengan memperbanyak shalat, beramal, dan tentunya saling mengasihi satu sama lain.

    Dianjurkan pula untuk memberi lebih banyak shodaqah dan membayar zakat Fitrah setelah bulan Ramadhan selesai.

  9.  Sunnah Santapan Manis untuk Berbuka

    Momen yang paling ditunggu-tunggu saat berpuasa tentu adalah momen berbuka. Bagaimana tidak, pedagang yang menjajakan makanan akan melimpah ruah di jalan-jalan. 

    Kamu juga pasti pernah berdesakan untuk membeli jajanan ini kan? Lalu kenapa sebagian besar jajanan berbuka seperti takjil rasanya manis? Karena santapan manis saat berbuka adalah bagian dari sunnah.

    Kandungan gula dalam makanan atau minuman manis juga akan menggantikan kadar gula darah yang sempat turun setelah seharian berpuasa.

  10.  Tradisi Membangunkan Sahur di Beberapa Negara

    Fakta bulan Ramadhan berikutnya, tahukah kamu istilah “ronda” saat bulan Ramadhan? Ronda merupakan sebuah tradisi membangunkan orang untuk sahur di Indonesia.

    Biasanya sekumpulan pria akan berkeliling melewati rumah-rumah warga saat dini hari sambil memukul kentongan bambu dan alat-alat rumah tangga seadanya.

    Ternyata tradisi ini bukan hanya ada di Indonesia, lho. Turki, Maroko, dan India juga melakukan tradisi membangunkan sahur dengan cara yang tak jauh berbeda.

    Di Turki, tradisi ini disebut dengan “Davulcusu” yang sudah ada sejak era Ottoman kuno. Para kelompok drummer berpakaian Ottoman akan berkeliling sambil menabuh drum dan bersenandung untuk membangunkan warga sekitar.

    Sebagai imbalan, mereka akan diberikan bahÅŸiÅŸ (uang persen) sebagai ucapan terima kasih. Tradisi yang sama juga dilakukan di Maroko dengan nama “Mesaharaty”.

    Sedangkan di India, tradisi ini biasa disebut dengan “Seheriwalas” atau “Zohrida” yang merupakan warisan negara Mughal sebagai orang muslim pertama di India. Seru, bukan?

    Sambut Bulan Suci Penuh Berkah

    Bulan suci Ramadhan memiliki banyak kebaikan. Tak hanya menjadikan seseorang lebih baik lagi dalam keimanan dan perbuatan, bulan Ramadhan juga dapat mendekatkan kita dengan sesama.

    Terlebih dengan orang-orang yang kita sayangi. Jalani bulan yang penuh berkah ini sebaik mungkin, niscaya kamu akan menjadi seseorang yang semakin baik dari hari ke hari.