Film Buya Hamka merupakan film biografi yang dibuat berdasarkan kisah hidup Buya Hamka. Buya Hamka atau Haji Abdul Malik Katim Amarullah merupakan ulama, jurnalis, penulis, guru, dan tokoh politikus sekaligus.

Film ini dibintangi deretan aktor Tanah Air kenamaan seperti Vino G Bastian, Laudya Cynthia Bella, Ben Kasyafani, Ayu Laksmi, Dessy Ratnasari, Mawar de Jongh, Bebi Tsabina, Marthino Lio, Donny Kesuma, dan masih banyak lagi.

berikut 5 fakta menarik film Buya Hamka.

1. Sinopsis Film Buya Hamka tentang Kisah Perjalanan Sang Ulama Besar

Film Buya Hamka menceritakan kehidupan Buya Hamka dari masa kanak-kanak hingga berkeluarga. Dia seorang ulama, filsuf, dan sastrawan Indonesia yang juga bekerja sebagai wartawan, pengajar, dan penulis.  

 2. Proses Produksi Selama 9 Tahun

Film Buya Hamka menceritakan kehidupan Haji Abdul Malik Karim Amrullah, seorang ulama, sastrawan, dan politikus. Produksi dimulai pada 2014 setelah pertemuan Chand Parwez dan Din Syamsuddin. Naskah ditulis oleh Alim Sudio dan Cassandra Massardi.

3. Pemain Film Buya Hamka Bertabur Bintang Populer

Film biografi Buya Hamka diperankan oleh bintang populer dan berbakat seperti Vino G. Bastian, Laudya Cynthia Bella, Desy Ratnasari, Donny Damara, Rey Bong, Mawar Eva, Reza Rahadian, Mathias Muchus, Roy Sungkono, Cok Simbara, Yoriko Angeline, Marthino Lio, Wafda Lubis, dan Anjasmara.

4. Vino G. Bastian Berusaha Keras untuk Mendalami Karakter Buya Hamka

Vino G Bastian berusaha untuk memahami karakter Buya Hamka dan tidak melebih-lebihkan atau mengurangi kalimat yang diucapkannya dalam film. Dia sangat berhati-hati karena Buya Hamka merupakan tokoh yang sangat disegani.

5. Film panjang berdurasi 7 jam

Film biopik Buya Hamka memiliki durasi panjang, yakni 7 jam. Namun, film ini akan dibagi menjadi 3 bagian dengan latar dan tema masing-masing, mengikuti alur cerita dari masa kecil Buya Hamka di Sumatera Barat hingga saat ia belajar di Mesir.

Demikian 5 fakta menarik film Buya Hamka.